Friday, September 23, 2011

Memulai dari diri sendiri

Mengapa seseorang lebih suka mengoreksi orang lain daripada mengoreksi diri kita sendiri?
Mengapa seseorang lebih suka membicarakan keburukan orang lain daripada kebaikannya?
Mengapa seseorang lebih mudah menyalahkan orang lain daripada diri kita sendiri?
Mengapa seseorang lebih mudah berjanji daripada menepati?
Mengapa seseorang lebih mudah mencela orang lain daripada diri kita sendiri?
Mengapa seseorang lebih suka berkomentar daripada berbuat?
Mengapa seseorang lebih suka mengkritik daripada memperbaiki?

Itulah manusia yang lebih suka melakukan hal yang mudah daripada melakukan hal yang benar. Itulah manusia yang ingin selalu dirinya yang terbaik, dan yang buruk hanyalah orang lain. Jika ada hal buruk dari orang lain maka kita akan lebih mudah berkomentar dan menyalahkan. Lalu bagaimana ketika kita yang tiba-tiba melakukan kesalahan itu? pada saat yang sama kita tentu tidak ingin mendengar banyak komentar dari orang lain dan juga tidak ingin disalahkan..iya kan?. Ini adalah berbicara tentang DIRI.

Sejenak kita melihat lebih jauh, yaitu melihat suatu kesatuan yang lebih besar dari DIRI kita. Bisa jadi itu MASYARAKAT, atau NEGARA. Kita bicara NEGARA SAJA ya. Indonesia pada akhir-akhir ini dipenuhi dengan berita yang kurang nyaman seperti tentang "Korupsi", "Pelecehan Seksual", "Pencurian", "Pembunuhan" dan tindakan kriminal lainnya. Jika tiba-tiba negara tetangga mengatakan bahwa negara Indonesia buruk, maka kita dengan mudahnya mengatakan "ini gara-gara mereka yang suka korupsi, mereka yang suka ini dan itu. Coba mereka berubah, pasti negara kita tidak seperti ini". Lalu bagaimana dengan diri kita sendiri? kapan kita berubahnya?. Kenapa kita tidak merubah diri kita sendiri terlebih dahulu? Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering melakukan korupsi? contoh kecil saja : perilaku mencontek, menyogok, dan banyak sekali sebenarnya contoh lainnya. Hal-hal kecil yang sering kita lakukan dalam keseharian tidak pernah kita sadari bahwa itu bisa menjadi kebiasaan di masa depan kelak. Jadi, jika ingin sesuatu yang baik semuanya bisa dimulai dengan merubah diri kita sendiri terlebih dahulu menjadi lebih baik.

Kenapa korupsi begitu susah diberantas di Negara tercinta kita ini? jawabannya karena belum ada kesadaran masing-masing dari setiap individu untuk memberantas korupsi itu sendiri. Ketika Pejabat A korupsi, pejabat B sangat mudah mengkritik dan berkomentar di media massa baik di sesi rapat, wawancara, dan juga sibuk demo anti korupsi dimana-mana. Tapi apakah mereka sendiri juga sudah memperbaiki diri? lalu bagaimana bisa di waktu lain malah ternyata pejabat B yang pada akhirnya diberitakan korupsi juga.

Beberapa hari yang lalu ada berita tentang pelecehan seksual yang dilakukan oleh sopir dan rekannya terhadap karyawati yang memakai rok mini di sebuah angkit di Jakarta. Mereka saling menyalahkan, pelaku dan sebagian banyak laki-laki menyalahkan sang cewe yang memakai rok mini sehingga mengundang perilaku jahat para lelaki yang melihatnya. Kemudian dari pihak karyawati cewe menyalahkan sang pelaku (pria) yang berfikiran kotor dan mengatakan bahwa bukan rok mini yang salah tetapi otak lelaki yang salah (kotor). Perdebatan tentang saling menyalahkan tersebut muncul pada "demonstrasi", juga muncul pada berbagai situs jejaring sosial. Sekarang coba fikirkan baik-baik? siapa yang salah? kalau saya fikir KEDUA-DUANYA. Pelaku salah karena jelas-jelas telah melanggar norma dengan melakukan kejahatan yang nyata yaitu melakukan pelecehan seksual terhadap karyawati tersebut. Sedangkan karyawati juga salah karena tidak mampu menjaga auratnya, jika dirinya tidak mampu menghargai dirinya sendiri bagaimana orang lain akan menghargainya? 

Jika kita kaitkan dengan topik pembicaraan kita, maka pada dasarnya kedua belah pihak dari kasus tersebut kurang menyadari dirinya sendiri dan belum mampu melakukan hal yang terbaik dari dirinya sendiri. Alangkah baiknya pelaku tidak menyalahkan karyawati yang memakai rok mini tapi perbaikilah pemikirannya yang jahat dan kotor. Dan alangkah baiknya jika karyawati tersebut juga menyadari diri jika hendaknya ia memakai pakaian yang sopan dan menutup aurat, hargailah diri sendiri agar orang lain juga menghargai dirimu.

Intinya,, mari menjadi generasi yang mau merubah BANGSA ini ke arah yang lebih baik dengan memulai dari DIRI KITA SENDIRI. Jangan hanya menyalahkan pihak lain tapi mari coba merenungkan seperti apa diri kita dan merubah diri kita menjadi lebih baik. Jangan hanya malu kepada orang lain ketika berbuat kesalahan, tapi malulah terhadap diri kita sendiri, jangan hanya berkomentar dan mengkritik orang lain tapi mari belajar mengkritik diri kita sendiri. Mari EVALUASI DIRI. Mulailah dari diri kita sendiri. Insya Allah dunia ini aman dan tentram.. :-)

Jadi mulai sekarang...

Koreksi diri sendiri sebelum mengoreksi orang lain.
Periksa keburukan diri kita sendiri, sebelum membicarakan keburukan orang lain.
Perbaiki diri sendiri dulu sebelum mengkritik dan berkomentar tentang kesalahan orang lain.

By : yutimah damazier

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net