Sunday, October 2, 2011

Selamat Hari Batik Nasional


Hari ini bertepatan dengan tanggal 02 Oktober 2011 merupakan hari batik nasional. Tidak bisa kita pungkiri bahwa batik merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia yang sekarang sedang dibangga-banggakan. Batik memiliki arti penting bagi warga Indonesia karena merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan. Batik bukan hanya terkenal di dalam negeri saja namun juga sudah diakui oleh dunia. Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu, dan Budaya (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) pun menetapkan karya tersebut sebagai warisan dunia asal Indonesia. 

Untuk merayakan hari batik nasional yang jatuh pada hari ini, pemerintah Indonesia mengadakan acara batik besar yaitu  "Indonesia Batik Summit" di Jakarta Convencion Center (JCC). Acara World Batik Summit 2011 diharapkan bisa membentuk forum bagi perajin dan industri batik di seluruh dunia. Ajang tingkat dunia ini dihadiri 1.000 orang delegasi asal dunia yang menjadi ajang promosi bagi produsen batik, praktisi, perajin, dan industri berskala dunia. Untuk memperingati Hari Batik yang jatuh pada 2 Oktober hari ini, bukan hanya World Batik Summit yang digelar. Pasaraya, salah satu pusat pertokoan di Jakarta, pun dengan bangga menampilkan diri menjadi pusat pertokoan dengan warna batik.

Bila pada 1990-an hingga awal 2000-an batik seolah-olah mati suri dan orang malu memakainya, saat ini batik kembali menjadi bagian dari masyarakat. Bahkan pegawai negeri sipil wajib memakainya pada hari Jumat. Batik saat ini juga tidak hanya dipakai orang Indonesia. Masyarakat negara-negara tetangga pun mulai menggunakan dan memproduksinya. Bahkan pada pertemuan pemimpin negara di ASEAN pun selalu ada sesi para pemimpin negara yang memakai batik.

Selamat Hari Batik Nasional, mari budayakan batik. Cintai produk dan budaya dalam negeri. Love and proud Indonesia.


Yutimah Damazier

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net