Sunday, October 23, 2011

Sindrom Pesimis??


Kegagalan adalah ciri khas manusia. Semua manusia pernah merasakan gagal, dalam bidang apapun  meskipun itu adalah hal kecil. Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, oleh karena itu wajar jika manusia melakukan kesalahan dan kegagalan dalam bertindak. Bagi sebagian orang kegagalan dijadikan sebagai hal yang menakutkan dan membuatnya berhenti berharap. Namun bagi sebagian orang, kegagalan bisa dijadikan sebagai suatu pelajaran berharga dalam melangkah ke depan.

Kegagalan yang dialami oleh seseorang pada dasarnya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah kegalan bagi mereka yang telah mencoba dan yang kedua adalah kegagalan bagi mereka yang tidak mau mencoba. Alasan kuat yang membuat seseorang tidak mau mencoba sesuatu adalah karena ada rasa "pesimis", "kurang percaya diri" dan lain sebagainya. Jika syndrom pesimis sudah menjangkit secara berlebihan maka bisa mengakibatkan stress.

Syndrom pesimis pada dasarnya diawali dengan pandangan negatif terhadap sesuatu hal. Negative thinking tersebut pada akhirnya akan membuat kita lemah dalam bertindak bahkan kita tidak akan bertindak apapun. Pesimis adalah pembunuh berdarah dingin yang mematahkan tulang-tulang semangat yang kita miliki. Apalagi ketika rasa pesimis tersebut telah dibumbui oleh kata-kata orang lain yang semakin mematahkan semangat kita.

Pada dasarnya syndrom pesimis bisa diatasi dengan satu hal yaitu "positive thinking". Ya, berfikir positif dalam memandang sesuatu pada akhirnya bisa menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri. Jika akhirnya nanti kegagalan akan menimpamu, positive thinking bisa membantumu untuk melewati langkahmu ke depan. So, kalahkan syndrom pesimis-mu dengan positive thinking. Sebuah langkah besar dimulai dari langkah-langkah kecil. Setiap kemenangan besar dimulai dari kemenangan kecil khususnya kemenangan dalam hatimu yang bisa kau ciptakan dengan berfikir positif. Berfikirlah positif dalam memandang sesuatu juga dalam memandang kegagalan. Karena dalam setiap hal terdapat pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil sisi baiknya untuk langkah kedepan.

Keep spirit all :-)

Yutimah Damazier

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net