Tuesday, June 14, 2011

Memilih Model Pembelajaran

Dalam kegiatan blajar mengajar, guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran. Hal tersebut digunakan agar siswanya termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Jumlah model pembelajaran sangatlah banyak, oleh karena itu guru hendaknya mampu memilih model pemblajaran yang paling cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk memilih model pembelajaran perlu diperhatikan hal-hal berikut :
1. Karaktristik Siswa
2. Kondisi dan situasi kelas
3. Sarana dan Prasarana
4. Media
5. Materi pelajaran
6. Alokasi waktu.
7. Tujuan Pembelajaran
8. Metode
9. Evaluasi
Berikut ini contoh penerapan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran


Model Numbered Head Together
Dikembangkan oleh : Spencer Kagan
Mata pelajaran               : Sosiologi
Materi                            : Perilaku Menyimpang
Kelas/Semester              : X / II
SK                               : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pembentukan kepribadian
KD                               : Mendiskripkan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
Indikator                       : Hubungan antara perilaku menyimpang dengan sosialisasi tidak sempurna
Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu menjelaskan hubungan perilaku menyimpang dengan sosialisasi     yang tidak sempurna
Alokasi waktu               : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)

Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Membuka pelajaran
b. Melakukan apersepsi (materi sebelumnya)
c. Memotivasi peserta didik
2. Kegiatan Inti :
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai. 

Eksplorasi : Guru menyuruh siswa untuk membentuk kelompok sebanyak 4-5 orang. Setiap siswa diberi nomor oleh guru. Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok berupa kasus yang harus diselesaikan. Kasus tersebut yaitu : adanya keluarga yang broken home, kemudian anaknya menjadi pecandu narkoba. Siswa  disuruh mencoba menjelaskan hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dari kasus tersebut dan mencari solusi permasalahan.
Elaborasi : Siswa berdiskusi di dalam kelompok untuk memcahkan masalah tersebut. Kemudian setelah selesai diskusi, guru memanggil no tertentu dan siswa yang sesuai dengan nomor tersebut harus menyajikan hasil diskusi dan menjelaskan pemecahan masalah dari kasus tersebut. Siswa lain menanggapi.

Konfirmasi : Dari hasil diskusi dan tanggapan siswa, guru menyimpulkan dan kemudian menjelaskan materi hubungan antara perilaku menyimpang dengan sosialisasi yang tidak sempurna. Guru memberi nilai bagi siswa yang menjawab dan memberi tanggapan.

3. Kegiatan penutup
a. Guru bersama murid bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran
b. Melakukan refleksi untuk menemukan kelemahan pembelajaran
c. Melakukan tindak lanjut seperti tugas dan pengayaan

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net