Friday, June 10, 2011

Pengalaman Berharga : Backup Data Itu Penting

Hari ini aku mendapatkan pengalaman yang berharga mengenai penyimpanan data. Hal tersebut terjadi dan aku sadari saat aku membuka file data-data di flashdisk dan ternyata file-file penting tersebut telah berubah menjadi short cut karena terkena virus dan data tidak bisa  dibuka. Saat itu juga fikiranku langsung kacau dan tak tahu apa lagi yang bisa aku lakukan. Tugas-tugas penting yang harus dikumpul hari ini dan juga tugas 4 skripsi yang harus dikumpul minggu depan juga tidak bisa dibuka. Sungguh tidak bisa dibayangkan jika aku harus mengulang semua tugas itu maka pasti sangat melelahkan dan memakan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Apalagi untuk data tugas evaluasi yang tidak terfikir lagi bagaimana harus mengulangnya, itu dikarenakan data akan dimasukan ke dalam CD dan harus sama dengan dokumen yang telah dikumpul dalam bentuk hasil print. 

Ya, kepanikan yang luar biasa ketika aku menyadari bahwa dataku telah termakan oleh virus dan ketika aku baru menyadari bahwa semua dataku itu tidak ada back up nya di dalam laptopku. Kepanikan itu tersalurkan dengan menelpon temanku dan pastinya tenamnku tahu tentang kecerobohanku, sudah berkali-kali temanku memberi tahu untuk membuat back up data di flasdisk ke dalam laptop, tapi aku selalu lalai untuk melakukannya.

Backup data adalah suatu cara untuk memindahkan atau men-copy file dari satu media ke media yang lain.Bisa dilakukan dari flasdisk ke komputer, dari komputer 1 ke komputer lain atau dari media tertentu lainnya. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dengan komputer (dalam hal ini disk) kita esok hari. Bisa saja, tiba- tiba terjadi failure yang membuat data yang ada dalam disk berubah, bahkan terhapus. Untuk mengantisipasi ketidakonsistenan data dan terhapusya data dari disk, maka kita perlu melakukan backupdata. Kita juga perlu waspada dengan data di flasdisk, karena flasdisk adalah media dengan bentuk yang kecil sehingga memiliki kemungkinan untuk hilang maka perlu back up data flasdisk ke komputer. Flasdisk juga berkemungkinan untuk terkena firus apalagi ketika flasdisk sudah sering sembarang colok ke laptop teman-teman kita. 

Untuk melakukan backup data memang mudah, namun terkadang rasa malas membuat kita tidak melakukannya dengan alasan di flasdisk kan sudah ada data kita, malas ah pindahin ke laptop. Hal tersebut yang bisa jadi membuat kita di kemudian hari menjadi panik ketika tahu bahwa data kita bermasalah baik terkena firus atau hilang. Pengalaman tadi pagi membuatku sadar bahwa melakukan backup data itu sangat penting, apalagi untuk file-file urgent yang memang harus ada pada saat kita membutuhkannya. Tadi pagi hampir saja semua data pentingku lenyap, namun untung data-data tersebut bisa diselamatkan oleh temanku. Data-dataku terkena firus dari laptop temanku, kemudian kucoba untuk memasukan data yang sudah berubah menjadi shotcut tersebut ke laptop temanku dan di scan dengan anti virus smadav yang telah di update. Sungguh keberuntungan shortcutnya hilang dan data-dataku bisa dibuka kembali. Perlu diingat kembali bahwa backup data itu penting dilakukan, jangan sampai data kita hilang karena kita malas melakukan backup data..

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net