Saturday, May 14, 2011

Keeksisan Semu



Di era globalisasi sekarang ini, teknologi semakin canggih dan hal tersebut berakibat terhadap pola kehidupan manusia. Berbagai macam teknologi baik dari segi hardware maupun software telah menandai reformasi kehidupan manusia. Modernisasi merambah ke dalam setiap sudut kehidupan manusia. Manusia semakin lama tidak bisa hidup tanpa teknologi seperti handphone, komputer, internet. Ya, Internet! Kata yang satu itu saat ini sedang eksist dan setiap orang di seluruh dunia telah menggunakan internet. Berbagai macam situs yang ada di dalam intrnet seperti facebook, twitter, plurk, atau jejaring sosial lainnya sekarang tidak asing lagi bagi kita semua. Belum lagi yang hobby nge-blog baik di blogger, wordpress dll. Ditambah yang suka main game online sampai lupa makan, tidur, intinya lupa waktu.

Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan internet, rasa-rasanya segala macam hal bisa dilakukan. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk berinteraksi dengan orang lain. Bahkan mereka mencoba mengeksiskan dirinya sebisa mungkin di dunia maya. Misalnya di dalam facebook, seseorang selalu menyempatkan dirinya untuk update status yang bisa dilakukan dimana saja : di warnet, di hp, lewat BB, dll. Setiap kali seseorang mencoba untuk menjadikan dirinya penting di dunia maya. Segala macam kegiatan, perasaan, unek-unek diungkapkan dengan harapan ada yang memberi komentar atau sekedar nge-like. Update status menjadi agenda rutin semua orang saat ini. Mereka yang telah memiliki banyak teman, banyak yang komentar status dan banyak yang nge-like akan merasa bangga dan merasa eksis di dunia maya. Begitu juga bagi pemakai game online yang setiap hari duduk memainkan komputer mereka selalu mengusahakan dirinya untuk menjadi seorang pemenang dan menjadikan dirinya orang yang paling hebat diantara yang lain. Diantara mereka ada yang sampai membeli chip, voucher game online ratusan ribu dan terus bermain game dan berharap nantinya bisa main dengan level yang lebih baik, lebih tinggi dan mnjadi jagoan dunia maya.

Ya, itu nyata. Semua itu ada dan menjadi fenomena pada saat sekarang ini. Tapi yang menjadi permasalahan disini adalah terkadang keeksisan yang di dapat di dunia maya bertentangan dengan apa yang di dapat di dunia nyata. Mengapa seseorang begitu exited dengan posisi dirinya di dunia maya, namun melupakan keeksisannya di dunia nyata. Contoh nyatanya : seorang mahasiswa yang menghabiskan waktunya main game, sementara uang di kantong habis, tugas tidak terurus, mata kuliah banyak yang gagal. Jadi pada dasarnya era globalisasi dengan segala kemajuan teknologinya pada masa sekarang ini, harus diikuti oleh kesadaran diri akan tugas yang sebenarnya. 

Sebuah keeksisan bisa menjadi boomerang saat semuanya berubah menjadi kemunafikan dan hal yang semu. Seseorang ingin di kenal banyak orang, dianggap gaul, dianggap hebat lewat Facebook, lewat BB, lewat Twitter, lewat aksinya di Game Online??? Keeksisan yang memang didambakan setiap orang memang wajar dan manusiawi namun alangkah lebih bagusnya keeksisan di dunia maya itu diiringi dengan keeksisan di dunia nyata yang pastinya bisa memberi banyak manfaat bagi diri kita. So, Choice your the best...

No comments:

Post a Comment

next page
 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Yutimah Damazier |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net